Webinar Sharing Session #2 "Persyaratan Sertifikasi sebagai Bentuk Hambatan Teknis Perdagangandi Negara Tujuan Ekspor" .

24 September 2021
Image

  Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si (Kepala Dinas Perdagangan Prov. Sulsel memberikan kata sambutan pada kegiatan Webinar Sharing Session #2, dengan tema : "Persyaratan Sertifikasi sebagai Bentuk Hambatan Teknis Perdagangan di Negara Tujuan Ekspor". 

  Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Pengamanan Perdagangan (DPP) Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan RI, kamis, 23 September 2021. Dalam sambutannya secara virtual kepala dinas perdagangan menyampaikan kegiatan ekspor di Sulawesi Selatan saat ini berjalan baik walaupun disisi lain masih ada beberapa hambatan, seperti terjadinya hambatan pada komoditas porang yang di ekspor ke China dilakukan transitment melalui Thailand dan Vietnam, ekspor produk perikanan ke China diwajibkan verifikasi dengan melampirkan Sertifikasi SWAB Covid-19 terhadap karyawan yang terlibat dalam proses produksi yang tentunya akan membebani biaya produksi, ekspor sarang burung walet ke China saat ini masih dilakukan secara indirect melalui Surabaya dan Jakarta.  Hambatan juga terjadi pada produk UKM Sulawesi Selatan dimana beberapa negara tujuan ekspor mempersyaratkan Sertifikasi seperti: HACCP, GMP, Halal, V-Legal yang serifikasinya dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi yang telah mendapat pengakuan dari negara-negara tujuan ekspor atau lembaga sertifikasi yang telah diakui secara Internasional.
Di samping itu, kepala dinas menyampaikan Ekspor Sulawesi Selatan dimasa Pandemi Covid-19 pada periode Januari-Juli 2021 mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan sebesar 11,60 % dengan total nilai Ekspor sebesar US$ 721,01 juta atau setara dengan Rp. 10,23 Triliun. Neraca Perdagangan Sulawesi Selatan juga mengalami Surplus Sebesar US$ 328,89 juta atau setara dengan Rp. 4,67 Triliun. Komoditas dan produk yang berkontribusi Ekspor pada periode Januari-Juli 2021 dari sektor Tambang 62,24%, sektor pertanian 19,88 % dan sektor Industri 17,88 %.
  Adapun kegiatan Webinar DPP sharing Session #2 ini membahas :
1. Penguatan Standar Sertifikasi Nasional produk pertanian, perkebunan dan kehutanan Indonesia dalam dukung posisi Indonesia di Forum TBT WTO
2. Kesiapan lembaga sertifikasi produk pertanian, perkebunan dan kehutanan Indonesia untuk menghadapi kebijakan sertifikasi Negara mitra dagang
3. Proposal kebijakan Due Piligence oleh pemerintah Inggris
4. Peluang dan tantangan Ekspor kertas Indonesia atas kebijakan sertifikasi Negara Tujuan Ekspor